Teknologi Bluetooth

Teknologi Bluetooth– Semakin hari teknologi semakin berkembang pesat kecanggihannya. Kita sering dibuat kagum atas kemampuan teknologi canggih atas sebuah perangkat. Adapun teknologi digunakan manusia untuk memudahkan mereka (manusia) dalam menjalankan aktifitasnya. Salahsatunya Bluetooth. Anda pasti sudah tak asing lagi dengan istilah Bluetooth. Bluetooth adalah salah satu fitur yang biasanya wajib dimiliki oleh perangkat mobile.

Sementara itu, Bluetooth menurut bahasa berarti gigi biru atau gigi yang gelap. Banyak orang terheran dan merasa aneh dengan nama Bluetooth. Karena apa hubungannya Bluetooth dengan gigi? Nama Bluetooth diambil dari julukan Raja Denmark abad ke-10, Harald Blatand. Ia sukses mempersatukan suku-suku yang tadinya berperang di Norwegia dan Swedia. Namun karena ia memiliki gigi yang gelap, ia pun dijuluki Harald Bluetooth. Jadi, Bluetooth seperti Harald Blatand memiliki kemampuan dapat mempersatukan berbagai perangkat. Selain itu, tempat ditemukannya Bluetooth pertamakali adalah di tempat yang dipersatukan oleh Harald Blatand. Adapun lambang Bluetooth adalah penyatuan dua huruf German, H dan B, yang merupakan inisial dari Herald Blatand.

bluetooth

bluetooth

Dalam waktu 15 tahun, kemampuan Bluetooth berkembang pesat dimana koneksi dan transfer data berlangsung lebih cepat dengan penggunaan energi yang lebih rendah. Hal ini dapat dirasakan pada versi terakhir Bluetooth yakni BLE (Bluetooth Low Energy). Sementara itu, Bluetooth memiliki pesaing yakni teknologi NFC (Near Field Communication) dan Wi-Fi Direct.

NFC (Near Field Communication) merupakan teknologi konektifitas nirkabel yang memanfaatkan induksi medan magnet yang memungkinkan terhubungnya (komunikasi) sejumlah perangkat elektronik dalam jarak dekat. NFC selain berguna untuk transfer file antar perangkat mobile secara mudah, juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Walau demikian, jika dibandingkan dengan Bluetooth, NFC masih kalah soal jarak jangkauan. NFC hanya memiliki jangkauan konektifitas sekitar 4 centimeter, sedangkan Bluetooth jangkauannya mencapai hingga 100 meter.

Adapun yang menjadi ancaman serius bagi Bluetooth adalah teknologi Wi-Fi Direct karena teknologi ini dapat melakukan koneksi dengan jangkauan yang sangat jauh. Selain itu, Wi-Fi Direct memiliki kecepatan transfer data file sekitar 250 Mb perdetiknya, ketimbang Bluetooth yang hanya mencapai 24 Mb. Tetapi Bluetooth masih memiliki keunggulan dibanding teknologi ini yakni hemat energi atau konsumsi dayanya yang kecil.
nnnnnn
Namun yang menjadi ancaman paling serius teknologi Bluetooth dan Wi-Fi Direct untuk saat ini adalah Virtus. Teknologi ini merupakan hasil penelitian Nanyang Technological University, Singapura. Virtus mampu mentransfer file atau data dengan kecepatan 2 Gb setiap detik. Teknologi ini seribu kali lebih cepat dari Bluetooth. Walau demikian, teknologi Bluetooth masih belum dapat disisihkan dalam waktu dekat ini karena keunggulannya yang belum bisa digantikan yakni simpel dan hemat energi.

Penerapan Teknologi Bluetooh

Jepit Rambut Bluetooth
Salah satu produk yang memanfaatkan teknologi Bluetooth adalah jepit rambut Bluetooth yang telah dipasangi sensor Bluetooth yang tersambung ke ponsel pintar. Sensor Bluetooth dalam jepit rambut itu mampu mendeteksi jika terjadi kekerasan, tendangan, pukulan dan tamparan. Jepit rambut Bluetooth akan mengeluarkan bunyi alarm jika pemiliknya mengalami kekerasan seperti itu dan dapat menangkap gambar, mengirimkan rekaman suara dan melacak lokasi kejadian (GPS).

Pot Tanaman Bluetooth
Pot tanaman yang dipasangi sensor Bluetooth ini akan memberitahukan kepada pemiliknya jika kekurangan atau kelebihan cahaya, air, pupuk, suhu melalui ponsel pintar yang tersambung ke Bluetooth. Jadi, setelah ada notifikasi dalam ponsel seperti kekurangan cahaya, anda bisa memindahkan pot.

Demikianlah tulisan mengenai Teknologi Bluetooth. Semoga bermanfaat dan memberikan pencerahan kepada pembaca.

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

12 gagasan untuk “Teknologi Bluetooth

  1. fiu

    wiiiiiiiiiiih ,,,,,, skrg bluetooth ,,, dh bs digunakn bkn cuma di lptop, hp, hadst ,,,, tpi but lainnya juga sdh bisa ,,, keren ah teknologi skrg ,,, 😀

    Balas
  2. Abed Saragih

    Bluetooth memang digunakan sebagai media untuk tranfer file data didalam perangkat seluler maupun laptop yang sekarang memang masih diperlukan tapi sekarang orang lebih banyak jaringan internet atau wifi untuk sekedar berkirim data, kalau bluetooth batas jangkauan transfernya kalau gak salah 10m.Kalau wifi jangkauannya luas 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.