Riset Kata Kunci Menggunakan Google Keyword Planner

Riset Kata Kunci Menggunakan Google Keyword Planner – Dalam pembuatan sebuah blog atau website, tidak boleh sembarangan membuat blog atau website dengan nama domain tertentu. Mesti diperhatikan banyak aspek. Salah satunya Menentukan Topik, Riset Topik, dan apakah kata kunci yang kita bidik itu banyak dicari orang ataukah tidak. Sebab percuma jika kita membuat sebuah blog atau website dengan kata kunci yang sedikit pencarinya. Hal itu membuat blog kita sepi-sepi saja.

Oleh sebab itu, sebelum membuat blog atau website, penting sekali melakukan riset terlebih dahulu terhadap kata kunci yang kita targetkan. Apakah dicari banyak orang atau tidak. Hal ini berguna untuk meningkatkan pengunjung dan keberhasilan sebuah blog atau website dalam menjaring pengunjung tertarget dan meningkatkan penjualan. Riset kata kunci merupakan hal yang wajib dilakukan para pebisnis internet untuk kesuksesan penjualan mereka.
Salah satu tool atau alat untuk melakukan riset kata kunci tersebut adalah Google Keyword Planner. Tool ini bersifat gratis. Google Keyword Planner adalah pengganti dari Google Adwords External Keyword yang sudah dihentikan penggunaannya sejak Agustus 2013. Untuk dapat menggunakan Google Keyword Planner, kita diharuskan mempunyai akun Google adwords. Saya asumsikan anda belum mempunyai akun Google adword. Adapun langkah-langkah membuat akun Google adword sebagai berikut:

1. Kunjungi : http://adwords.google.com
2. Klik tombol “SIGN UP” atau “Start Now” untuk mendaftar. Tampilan akan seperti berikut ini
1
3. Centangkan pilihan sesuai yang anda inginkan. Pilih mata uang yang kita gunakan. Lalu verifikasi akun anda. Anda akan mendapatkan email yang menyatakan anda telah berhasil membuat akun Google Adwords. Lalu aktifkan akun anda sesuai petunjuk email tersebut. Kemudian sign in ke akun Googgle Adwords anda.

Setelah anda mempunyai akun Google adwords, anda bisa menggunakan alat riset kata kunci yang bernama Google Keyword Planner. Adapun cara riset kata kunci menggunakan Google Keyword Planner, sebagai berikut:
1. Masuk ke akun Google Adword anda. Lalu pilih “Tools” kemudian pilih Keyword Planner.
2
2. Pilih atau klik pilihan pertama, yakni “Search for new keyword and ad group ideas”.
3
Lalu isikan kata kunci yang anda targetkan sesuai produk atau jasa sobat. Misalnya, karena saya menjual produk kecantikan wajah maka saya mengambil keyword utama : Perawatan muka, perawatan wajah. Seperti yang ditunjukkan tanda panah merah. Usahakan menulis keyword utama terdiri dari dua kata atau tiga kata. Setelah itu, pastikan di Kolom Targeting memilih lokasi Indonesia. Dan pilih bahasa Indonesia. Karena target produk kita adalah penduduk Indonesia. Untuk kotak lainnya biarkan sebagaimana biasa. Setelah itu, tekan tombol “Get Ideas”
4
Nah, akan tampak jumlah pencari kata kunci utama beserta turunannya.
5
Abaikan tombol “Ad group ideas” karena itu untuk pemasang iklan. Anda pilih saja tombol “Keyword Ideas”. Kolom Avg monthly searches berarti jumlah pencari kata kunci dalam satu bulan. Kolom competition berarti tingkat persaingan kata kunci. Dari beberapa kata kunci yang tampak, pilihlah nama kata kunci yang banyak dicari orang dengan tingkat persaingan yang rendah yang mencerminkan produk atau jasa yang anda jual untuk dijadikan sebuah nama blog anda. Misalnya, pilihan nama blog saya :www.krimperawatanwajah.blogspot.com. Pendek kata, silahkan anda berkreasi membuat nama blog anda dengan hasil riset kata kunci tersebut.

Jangan lupa, hasil riset kata kunci tersebut disimpan dalam computer. Klik tombol “Download” untuk menyimpannya di computer anda dalam format Microsoft excel.
6
Lalu Klik tombol “Save File
7
Demikianlah cara melakukan riset kata kunci menggunakan Google Keyword Planner. Semoga bermanfaat.

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

7 gagasan untuk “Riset Kata Kunci Menggunakan Google Keyword Planner

  1. Semangat7x

    Jujur, saya sempat berhenti ngeBlog, dan menyiapkan berbagai materi tulisan yang dibutuhkan pembaca. Berhenti bukan untuk selamanya, saya berusaha belajar tuk lebih banyak membaca dan menulis yang baik. Pengunjung Blog itu manusia, dan itu membuat saya berpikir keras tuk mencari solusi, kata kunci yang sesuai dengan pembaca. Saya baru saja menerapkan beberapa kata kunci yang emang di bidik untuk pembaca setia. Dan itu tidak mudah sama sekali, saya kesulitan memahami Google Keyword Planner – mungkin butuh waktu lebih.

    Dan Blogmu sekarang sudah ramai pengunjung dan di penuhi iklan – SELAMAT YA KAWAN… Saya sebenarnya banyak sekali belajar di sini, hehehe…

    (sorry , I totttttttaaaaaaaaaally forget your name)

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.