Perbedaan Gaji dan Penghasilan dari Blog

Perbedaan Gaji dan Penghasilan dari Blog – Beberapa waktu yang lalu, admin cara-ririn.com sempat berdiskusi dengan teman baik admin terkait dengan gaji dan penghasilan. Diskusi tersebut sangat menarik dan memberikan sebuah pencerahan bagi admin yang kebetulan sedang menekuni bisnis kecil-kecil melalui media blog.

Yang dibahas pada saat diskusi tersebut adalah tentang istilah gaji dan penghasilan (income). Ternyata kedua istilah ini mempunyai makna dan arti yang sangat berbeda secara signifikan. Dan admin baru saja menyadarinya kalau kedua istilah tersebut benar-benar tidak sama. Dan sering kali kita menyamakan makna kedua istilah tersebut.

Perbedaan Gaji dan Penghasilan dari Blog

Lalu apa sih perbedaan gaji dan penghasilan? Berikut akan admin cara-ririn.com share perbedaannya secara singkat saja melalui paragraf berikut ini.

Perbedaan Gaji dan Penghasilan dari Blog

Gaji adalah uang hasil kerja yang berasal dari satu sumber utama yakni bos / juragan. Orang yang mendapat gaji adalah seorang karyawan/buruh/tenaga kerja. Atau dengan kata lain, orang yang bekerja untuk orang lain dan yang menggaji tanaga kerja adalah orang lain, dia disebut sebagai karyawan.

Seorang buruh, bisa kapan saja dipecat oleh bos nya. Jumlah gaji tiap bulan ditentukan oleh bos. Sering kita dengar ada demo tuntutan kenaikan gaji buruh/karyawan di Indonesia. Dalam mengerjakan tugas pekerjaan semua nya diatur oleh bos. Semua aturan dan tata terbit yang bikin bos, dan karyawan harus ikut aturan main bos apabila ingin bekerja di perusahaannya si bos.

Sama hal nya seperti gaji dari blog. Seorang blogger yang bekerja untuk orang lain, dia disebut sebagai karyawan/buruh. Sehingga kita sering dengar istilah bahwa seorang blogger dapat gaji bulanan dari blog/internet. Biasanya mereka bekerja sebagai karyawan di perusahaan situs web lain.

Admin cara-ririn.com belum pernah dengar ada seorang buruh/karyawan yang sukses menjadi seorang jutawan sukses, dan punya gaji besar. Karena memang jumlah gaji tiap bulan bersifat tetap nominal nya. Dia harus bekerja sesuai dengan aturan, sehingga dia tidak bisa berkembang untuk menciptakan ide-ide kreatif dan inovatif dari dalam dirinya. Paling-paling hidupnya ya serba cukup dan pas-pasan saja untuk seorang karyawan, bahkan bisa jadi malah kekurangan 😀

Penghasilan/income adalah uang hasil kerja yang berasal dari berbagai macam sumber yakni dari investor, direct advertiser, aktivitas penjualan, dll dan jumlahnya tidak menentu tiap bulan, dan tidak menentu pula besar kecil jumlah penghasilannya. Orang yang mendapat penghasilan adalah seorang pengusaha yang bekerja di perusahaan miliknya sendiri dan dengan modal sendiri. Perusahaan kalau sudah sukses, biasa nya memiliki banyak karyawan. Nah, yang memberi gaji para karyawan adalah seorang pengusaha/bos.

Seorang bos, bisa kapan saja memecat karyawan nya. Jumlah gaji karyawan ditentukan oleh bos. Dan seorang bos bisa menentukan berapa penghasilan yang harus diperoleh nya setiap bulan, sehingga kadang jumlah income kecil dan kadang juga besar. Kalau giat bekerja, maka penghasilannya besar, dan kalau malas bekerja, maka penghasilannya kecil. Itulah seorang bos.

Sama hal nya seperti penghasilan dari blog. Seorang blogger yang bekerja untuk dirinya sendiri, bukan untuk orang lain, dia disebut sebagai pengusaha/bos. Sehingga seorang pengusaha belum tentu tiap bulan bisa mengasilkan uang, kadang malah tidak dapat uang sama sekali jika bisnis nya baru dimulai. Biasanya mereka bekerja di situs web miliknya sendiri, dengan modal sendiri, dan bisnis dikelola sendiri/mandiri.

Admin cara-ririn.com sudah sering mendengar ada banyak wirausaha atau pengusaha sukses menekuni bisnis milik nya. Dan admin juga sering dengar ada juga pengusaha yang tidak sukses, lantaran perusahaan nya bangkrut. Menjadi seorang pengusaha memang lebih besar tantangannya dan sangat tinggi resikonya. Bahkan kadang malah bisa stress dan terkena struk kalau gagal meraih kesuksesan 😀

Pertanyaan untuk sahabat blogger. Kira-kira sahabat blogger pengen jadi karyawan atau pengen jadi bos nih? Sahabat blogger pengen mendapatkan gaji atau pengen mendapatkan income/penghasilan? Silahkan tulis pendapat anda di kotak komentar dibawah ini.

Itulah sedikit informasi yang bisa admin cara-ririn.com share untuk anda sekalian tentang Perbedaan Gaji dan Penghasilan dari Blog. Semoga bisa bermanfaat dan terimakasih banyak sudah mampir di blog sederhana ini 🙂

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

8 gagasan untuk “Perbedaan Gaji dan Penghasilan dari Blog

  1. Elsawati

    saya sudah lama menikmati penghasilan dari blog.. meski di tahun-tahun pertama penghasilan kecil, namun kesini-kesini alhamdulilah bisa memenuhi kebutuhan sendiri dan meringankan beban orang tua 🙂

    Balas
  2. hendriyana

    mba saya liat gambar jadi salah fokus 😀
    mending jadi bos lah, kita kerja ga ada yang ngatur-ngatur.tapi untuk jadi bos kita juga harus punya pengalaman dari usaha yang kita bangun.kalo asal buka usaha tanpa pengalaman ujungnya bangkrut..

    Balas
  3. Ferdy

    Saya newbie, mohon bimbingan dari yang sudah pengalaman… hehe. Monggo mampir ke situs saya, semoga ada ilmu yang bisa didapat. Makasi 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.