Mengapa Link Internal Perlu di Pasang di Setiap Postingan?

Mengapa Link Internal Perlu di Pasang di Setiap Postingan? – Link internal merupakan link dari postingan lain dalam satu blog yang disisipkan ke dalam postingan. Meski terlihat sederhana sekali, tapi dalam prakteknya yang cukup sulit, karena kita harus bisa memasang link internal yang benar-benar relevan dengan topik artikel. Selain itu, kita sering kali lupa untuk memasang nya. Sehingga hal ini perlu kita biasakan sejak dini agar dalam membuat artikel selalu ada link internal nya. Mengingat manfaatnya banyak sekali untuk perkembangan blog kita.

Kebetulan saya sering memasang internal link di setiap artikel yang saya tulis di blog ini. Saya merasakan manfaatnya yang luar biasa, terutama dalam hal pageview blog, yakni menjadi meningkat tajam.

Mengapa Link Internal Perlu di Pasang di Setiap PostinganLink internal ini tentu punya beragam manfaat, baik untuk pengunjung blog, maupun untuk SEO. Adalah sangat rugi apabila kita tidak mengapilkasikan hal ini dalam blog kita. Pertanyaannya, apa saja sih keuntungan atau manfaat memasang link internal ke dalam postingan? Berikut ini adalah uraiannya. Baca juga ya Dari Mana Datangnya Pengunjung Blog?

1. Meningkatkan minat baca pengunjung

Tawarkan sesuatu kepada pengunjung yang sekiranya diperlukan oleh mereka, namun kita tetap untung 😀 Dengan memasang link posting lain ke posting tertentu, yang satu topik, bisa memancaing pengunjung untuk mengklik link tersebut dan membukanya, dan kemudian dilanjutkan membacanya. Apabila hal itu dilakukan terus menerus oleh pengunjung, bukan tidak mungkin mereka bisa baca berpuluh-puluh halaman 😀 Menarik bukan? 😀

2. Meningkatkan pageview

Apabila masing-masing pengunjung baca 10 halaman dari adanya link internal, tentu sangat menguntungkan, karena jumlah pageview blog menjadi tinggi, sehingga traffic blog kita menjadi bagus.

3. Menurunkan bounce rate

Dampak positif dari jumlah pageview yang tinggi adalah bounce rate menjadi menurun. Bounce rate itu apa sih? Adalah kualitas suatu halaman blog yang diakases oleh pengunung. Artinya apabila pengunjung datang buka 1 halaman, dan buka lagi beberapa halaman, itu artinya kualitas halaman blog kita bagus. Sedangkan apabila pengunjung datang hanya buka 1 halaman dan kemudian kabur, itu artinya kualitas halaman blog kita jelek.

Semakin kecil angka bounce rate suatu blog, maka semakin bagus kualitasnya.

4. Blog mudah mendapatkan sitelinks

Apabila kita rajin memasang link internal, maka blog kita berpotensi mendapatkan sitelinks. Sitelinks ini otomtais muncul dan hilang dengan sendirinya, karena merupakan pemberian dari Google. Bukan kita sendiri yang bikin. Kita hanya berusaha saja agar sitelink bisa muncul. Baca artikel yang relevan Cara Mendapatkan Sitelinks dari Mbah Google

5. Meningkatkan ranking postingan di SERP

Dengan memasnag link internal dari posting yang satu topik, maka bisa membantu postingan tersebut terindeks Google. Sehingga, apabila kita mengetikkan kata kunci tertentu di search engine, maka 2 postingan tersebut akan muncul secara bersamaan. Berikut adalah contohnya.

Manfaat Internal Link untuk Pengunjung Blog dan SEOItulah sedikit uraian tentang Mengapa Link Internal Perlu di Pasang di Setiap Postingan?. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua. Akhir kata terimakasih banyak atas atensi nya. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di Blog Cara Ririn tentang Cara Membuat Posting Baru di Blog untuk Pemula.

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

17 gagasan untuk “Mengapa Link Internal Perlu di Pasang di Setiap Postingan?

  1. Jery Yanuarlan

    wow banyak sekali ya mbak manfaat internal link ini…gak salah deh kalau saya juga praktekkan hhe 🙂
    maaf mbak saya mau tanya karena masih bingung nih, kalau kita memasang link internal dengan TLD misal link postingan mbak ini yaitu cara-ririn.com/bla-bla-bla apakah nanti kalau kita tidak perpanjang TLD-nya akan menjadi broken link di postingan kita ?? ataukah kembali ke domain asalnya misal jadi cara-ririn.blogspot.com/bla-bla-bla??
    terima kasih mbak

    Balas
  2. oyo sukarya

    Ia ..kadang lupa masukin link internal, padahal penting juga untuk meningkatkan di seo, mungkin jangan terlalu banyak ya Mbak dan link internal jangan broken link, terima kasih jd dpt tambahan dari link internal

    Balas
  3. Dzaky Farras N

    Kalau untuk manfaat sitelink sendiri sih, untuk saat ini saya cuma mengincar yang nomor 1,2 dan 3. Untuk yang lainnya masih belum ada.

    Sitelink ini emang penting, karena selain memberi manfaat ke pembaca dengan mempermudah sistem navigasi, kita sebagai admin juga akan dapat manfaatnya, seperti yang mbak tulisakan di poin nomor 4 dan 5.

    Balas
  4. Ahmad Zaelani

    dulu juga swya enggak begitu perduli dengan internal link tapi jujur saja internal link memang memberikan efek yang baik baik bloig kita…. thanks mba… heheh

    Balas
  5. TSA

    Link internal pastinya sangat berguna , apalagi post yang kita suguhkan memang berkaitan erat dengan link yang kita berikan sehingga PV menjadi besar karena posting berantai ini , karena informasi yang berantai sehingga pengunjung selesai membaca akan berpindah ke ling posting untuk mengetahui lebih lanjut 🙂
    Nice share 😉

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.