Cara Mengatasi Komentar Spam di Blog

Sekarang ini marak sekali fenomena komentar yang berbau spam yang ada di blog. Ada yang dikirim juga menggunakan sebuah software dengan cara meninggalkan berbagai jejak maupun link – link website yang ada di kolom komentar di blog kamu. Namun ada juga komentar spam yang di kirim juga secara manual. Spam memanglah sangat mengganggu bagi pemilik blog itu tersendiri. Biasanya komentar spam itu berisi mengenai promosi – promosi, namun perlu kamu ketahui melakukan promosi dengan cara itu kurang efektif menurut saya.

Banyak cara lah yang bisa kamu gunakan untuk melakukan promosi tanpa harus mengganggu blog lainnya. Cara yang paling ampuh untuk mengatasi komentar spam yang berasal dari software bisa dengan menggunakan plugin akismet. Dengan cara ini, beragam komentar spam akan masuk ke folder spam pada akun blog atau WP kamu.hal ini bisa mempermudah kamu untuk menghapusnya.

Beberapa jenis komentar yang pernah kamu alami bisanya akan berisi mengenai link afiliasi dan juga bisa berisi link blog dari si pengirim itu tersendiri. Jika di komentar akun blog kita berisi seperti itu, rasanya juga agak gimana gitu. Ini komentar maksudnya apa coba, kadang juga terasa agak sedikit menjengkelkan. Terlebih lagi ketika si pengirim komentar spam itu menjunjung tinggi blognya yang berimbas kepada kekurangan di blog yang di komen tersebut. Kesannya blog yang kamu punya mempunyai kekurangan yang jauh dengan blog yang mereka iklankan.

Ada lagi jenis komentar yang bisa di anggap sebagai spam, komentar jenis ini biasanya hanya berisi kata – kata yang sangat singkat, misalkan saja nice, makasih, artikel menarik yang tidak cocok dengan artikel yang di tulis tadi. Jadi komentar yang baik adalah komentar yang tidak terlalu singkat, singkat juga boleh dech, asal saja yambung gitu lo dengan apa yang dikomentari.

Yang membuat heran kenapa mereka bisa membuat komentar spam secara manual, klo komentar manualkan agak susah gitu klo mau membersihkan. Kamu di haruskan menghapusnya satu per satu setiap hari agar komentar spam tersebut tidak menggunung. Lain halnya dengan menggunakan akismet, kamu bisa dengan mudah memhapua komen – komen tersebut.

Terus bagaimana sih yang harus kamu lakukan jika terjadi masalah seperti itu?? Sebagai pengguna blog, kamu pasti menginginkan blog kamu bersih dari gangguan bukan? Jadi, tak ada salahnya jika kamu melakukan pengamanan yang lebih ekstra untuk meminimalisir kemungkinan – kemungkinan yang sudah di sebutkan di atas.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasang captcha pada blog, ini bisa di gunakan untuk menghalau komentar spam yang di kirim melalui software, mengapa bisa demikian? Mesin maupun software tidak akan bisa menirukan captcha tersebut, jadi dapat di pastikan komentar di blog kamu nantinya bukan dari software, melainkan tangan – tangan lembut sahabat blogger. Namun hal ini juga menimbulkan polemik baru, dengan mengetikkan captcha tersebut kebanyakan para sahabat blogger akan merasa malas meninggal komentar, mereka agaknya ada yang kurang nyaman dengan  hal ini.

Yang kedua bisa dengan menggunakan disqus atau jetpack, itu merupakan salah satu sistem komentar yang berbeda. Sistem ini merupakan sistem yang paling banayak di minati. Namun ada juga segelintir orang yang tidak menyukainya. Tergantung lagi dengan selera kamu 😀

Dengan menggunakan sistem ini, sahabat blogger yang ingin berkomentar tidak bisa meninggalkan jejak link promo baik itu blog pribadinya atau yang lain. Karena di sitem ini tidak ada kolom yang digunakan untuk mengisi alamat URL tersebut.

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

9 gagasan untuk “Cara Mengatasi Komentar Spam di Blog

  1. jhuanita tryaz

    terkadang memang terasa menjengkelkan ya mbak,
    dengan adanya comment : nice, terima kasih, dll.
    saya kira, mereka ini tidak membaca isi artikel yang tersaji dan hanya meliat dari judulnya saja.
    sehingga, yang keluar hanya kalimat : nice, terima kasih, artikel yang bagus.
    maaf ya mbak kalo comment nya terlalu panjang 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.